Rabu, 26 Maret 2014

5 Masker Perawatan Rambut Yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Telur, yogurt, madu adalah bahan-bahan yang biasa ditemui di dapur dan dijadikan bahan sarapan yang lezat. Tetapi siapa sangka kalau mereka juga bisa menjadi bahan perawatan rambut alami yang sangat terjangkau dan bermanfaat.

Bila Anda memiliki problem kerusakan rambut, coba saja beberapa resep perawatan rambut ini. Dengan meminimalisir perawatan berbahan kimia, maka Anda bisa mendapatkan rambut indah dan sehat.

Perawatan rambut dengan telur

Telur mentah adalah perawatan rambut terbaik yang kaya akan lemak dan protein. Bermanfaat untuk melembabkan rambut dan mengandung bacteria eating enzym yang dapat mengurangi kelebihan minyak di rambut.
Masker rambut yang satu ini biasanya cocok digunakan untuk rambut berminyak maupun rambut normal. Untuk rambut normal, boleh ditambahkan beberapa bahan yang melembutkan seperti teh. Sedangkan untuk rambut berminyak, perlu ditambahkan jeruk nipis.

Perawatan rambut untuk rambut rusak

Rambut rusak yang disebabkan terlalu sering memakai styling tools bisa dirawat dengan yogurt. Kandungan lactic acid dan lemaknya mengembalikan kelembaban dan kesehatan rambut.
Caranya adalah dengan memassage yogurt plain pada seluruh bagian rambut, kemudian membiarkannya selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan leih baik hindari air hangat agar kelembaban rambut tidak hilang.

Perawatan rambut untuk rambut berketombe dan kulit kepala gatal

Kulit kepala yang gatal serta ketombe kerap disebabkan bukan karena shampoo, namun diet yang salah atau kurang nutrisi. Ramuan minyak zaitun dan jeruk nipis akan membantu mengatasi ketombe ini bila diaplikasikan setiap minggu 1-2 kali.

Perawatan untuk rambut kering

Rambut kering akibat terkena sinar matahari atau styling tools cenderung berubah warna, mudah rontok dan patah-patah. Cara mengatasinya adalah dengan melembabkannya menggunakan ramuan madu.
Madu dicampur dengan sedikit air hangat kemudian diaplikasikan pada seluruh rambut. Dibiarkan selama 20 menit kemudian dibilas dengan air hangat (jangan panas). Kemudian massage kembali dengan minyak zaitun dan bilas dengan air dingin.

Perawatan untuk rambut susah diatur

Rambut yang susah diatur bisa dipulihkan dengan masker alpukat. Kombinasi protein ini akan memberi nutrisi pada rambut serta membuat rambut lebih lembut.
Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Selamat mencoba di rumah.

Tidak ada komentar: