Sabtu, 27 Juli 2013

Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur & Buka

Untuk menjalani ibadah puasa diperlukan kondisi tubuh yang sehat sehingga tidak menghambat aktivitas keseharian.

Badan yang fit dengan mudah didapatkan apabila Anda memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kita perlu secara cermat memilih menu makanan saat sahur dan berbuka tentu dengan pertimbangan vitamin dan gizi yang terkandung di dalamnya, tidak semua jenis makanan baik untuk kebugaran tubuh selama anda sedang menjalani ibadah suci ini.
Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan buka puasa.

Makanan Bersantan
Makanan yang bersantan seperti soto babat terlihat nikmat untuk dijadikan menu buka puasa. Tapi hati-hati makanan bersantan apalagi dengan jeroan didalamnya mengandung banyak lemak yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Makanan Pedas
Penting menjaga kesehatan terlebih saat sedang berpuasa, Anda pasti ingin menjalani ibadah suci ini dengan kondisi tubuh sehat. Bagi anda pecinta pedas Anda harus mengurangi kadar dan intensitasnya dalam makanan Anda, karena dinding lambung sangat sensitif terhadap rasa pedas.
Jadi, kurangi rasa pedas terutama saat sahur, agar terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Minuman Bersoda
Khususnya saat sedang berpuasa minuman manis dan dingin seperti soda sangat menggiurkan untuk melepas dahaga. Meskipun menyegarkan namun minuman bersoda dapat menimbulkan dehidrasi juga memicu penyakit maag juga memperparahnya. Untuk mengganti minuman bersoda sebaiknya Anda mengkonsumsi jus buah.

Tidak ada komentar: